Bismillahirahmanirahim

Semoga Ilmu yang dibagi dan pengetahuan yang diajarkan dapat menambah dan mempertebal keimanan dan Ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Senin, 14 Juni 2010

Filosofisi Visi dan Misi UMS

Filosofi
Sebagai bagian dari amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah, Universitas
Muhammadiyah Surakarta bertekad menjadikan “Wacana Keilmuan dan
Keislaman” sebagai filosofi penyelenggaraan dan pengembangan institusi pendidikan
tinggi. Penyelenggaraan dan pengembangan Universitas Muhammadiyah
Surakarta berusaha mengintegrasikan antara nilai-nilai keilmuan keislaman
sehingga mampu menumbuhkan kepribadian yang menguasai ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman.


Visi dan Misi
Perguruan tinggi pada hakikatnya merupakan lembaga yang berfungsi untuk
melestarikan, mengembangkan, menyebarluaskan, dan menggali ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni. Selain itu, perguruan tinggi berfungsi mengembangkan
kualitas sumberdaya manusia dan menghasilkan jasa-jasa. Dalam era
globalisasi, informasi, dan interpedensi sebagaimana yang telah, sedang, dan
akan berlangsung, peran perguruan tinggi menjadi semakin penting. Dalam era
tersebut keunggulan suatu bangsa tidak lagi ditentukan oleh kekayaan sumberdaya
alam yang dimilikinya, tetapi lebih ditentukan oleh kualitas sumber-daya manusia,
penguasaan informasi, serta penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Berkaitan dengan persoalan di atas, eksistensi Universitas Muhammadiyah
Surakarta ke depan ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi tuntutan
kebutuhan-kebutuhan tersebut. Untuk memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut,
Universitas Muhammadiyah Surakarta perlu secara terus-menerus mempertinggi
daya saing dan daya juang guna mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan
berdasarkan landasan filosofi dan pemikiran di atas Universitas Muhammadiyah
Surakarta merumuskan visi, misi, dan tujuan penyelenggaraan dan pengembangan
sebagai berikut.
Visi:
“Menjadi Kiblat Pengembangan IPTEKS yang Islami dan memberi arah
perubahan “.
Misi:
1. Memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berdasarkan nilai-nilai
keislaman dalam rangka membangun masyarakat Indonesia sebagai
masyarakat utama; dan
2. Mengembangkan sumberdaya manusia berdasarkan nilai-nilai kislaman dan
memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia
sebagai masyarakat utama.
10 Buku Pedoman Tahun Akademik 2009/2010
Pokok-pokok pikiran tentang visi dan misi di atas dapat dijabarkan sebagai
berikut.
1. Kiblat
Pengertian sebagai kiblat adalah bahwa keberadaan dan produk yang
dihasilkan Universitas Muhammadiyah Surakarta diakui, dibutuhkan dan
dijadikan sebagai rujukan dan alternatif utama oleh masyarakat, baik tingkat
lokal, nasional, regional, maupun internasional.
2. Pengembangan ipteks yang Islami dan memberi arah perubahan
Pengertiannya adalah upaya Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk
mengembangkan ipteks didasarkan nilai-nilai Islam yaitu: tauhid (kesadaran
tentang kesatuan antara pengetahuan dan nilai), ‘ilm (rasional-transendal,
objektif, kritis, inovatif, kreatif, dan terbuka), amanah (kejujuran),
berorientasi pada ‘adl (kesejahteraan manusia), khalifah (ketinggian kodrat
dan martabat manusia), dan istishlah (kesejahteraan alam semesta) dalam
rangka ‘ibadah (pengabdian manusia pada Tuhan). Pengembangan ipteks
bersifat proaktif untuk memberikan arah bagi perubahan ipteks, masyarakat,
bangsa, dan Negara.
Tujuan:
1. Menjadi universitas yang unggul di bidang ilmu pengetahuan, teknologi
seni, dan menghasilkan lulusan berkualitas yang mengamalkan nilai-nilai
Islam
2. Menjadi universitas yang sustainable ( berkelanjutan) dengan tata kelola
yang baik
E. Lokasi
Lokasi utama Kampus UMS terletak di Jl. Ahmad Yani, Pabelan,
Kartasura. Kampus UMS terdiri 4 (empat) lokasi yaitu (i) Kampus I (Kampus
Selatan) yang meliputi Kantor Pusat (Kantor Rektorat dan BAU), BAA, Fakultas
Hukum, Fakultas Geografi, FKIP, Fakultas Agama Islam, Fakultas Farmasi,
Fakultas Ilmu Kesehatan , Auditorium Mohamad Djazman, Masjid ‘Fadlurrahman’,
Griya Mahasiswa, Bank Jateng, Kantor Pos, Lembaga Penelitian dan
Pendahuluan 11
Pengabdian pada Masyarakat, Lembaga Pengembangan Ilmu-ilmu Dasar (LPID),
Muhammadiyah University Press (MUP), bidang Human Resources Development
(HRD), Quality Assurance Center (QAC), Bidang Information Technology
(IT), Book Store & Computer Shop; (ii) Kampus II (Kampus Utara) dimanfaatkan
untuk Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu
Komunikasi dan Informatika, Program Pascasarjana, Perpustakaan, Radio
Kampus, Laboratorium, Gedung Serba Guna (GOR), Masjid, Fakultas Psikologi,
Biro Konsultasi dan Pemeriksaan Psikologi (BKPP), Muhammadiyah Medical
Center (MMC); (iii) Fakultas Kedokteran dan Laboratorium Terpadu di desa
Penumping Surakarta dan (iv) Pondok Hajjah Nuriyah Sabran UMS di Desa
Makamhaji. (v) RUSUNAWA untuk bangunan pertama diperkirakan mampu
menampung kurang lebih 800 mahasiswa. Asrama mahasiswa ini terletak di
Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura, kabupaten Sukoharjo.
F. Unit-unit Pelaksana Teknis dan Penunjang
1. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UMS
adalah unsur pelaksana akademik yang mengkoordinasi, memantau, dan menilai
pelaksanaan kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat, serta
mengusahakan dan mengendalikan administrasi sumber daya yang diperlukan.
Fungsi LPPM sebagai lembaga koordinasi yang bertugas mengkoordinasi,
memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian
masyarakat yang dilakukan oleh dosen, baik secara mandiri maupun kelompok.
LPPM juga mengkoordinasi dan memfasilitasi kegiatan penelitian yang bersifat
multi, antar, dan lintas bidang yang diselenggarakan oleh pusat studi yang
bersifat multidisipliner. Di samping itu, berfungsi sebagai pusat konsultasi
persoalan-persoalan pengembangan masyarakat, terutama berkaitan dengan
konsultasi kewirausahaan dan pengembangan usaha kecil dan menengah.
Pusat studi yang menangani penelitian yang bersifat multidisiplin adalah:
(1) Pusat Studi Kependudukan, (2) Pusat Studi Gender, (3) Pusat Studi
Lingkungan, dan (4) Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial. Adanya pusatpusat
studi itu dimaksudkan agar dalam pengembangan penelitian terdapat
kerja sama kelembagaan dan kekhasan berdasarkan fungsinya. Fungsi pusat
12 Buku Pedoman Tahun Akademik 2009/2010
studi pada hakikatnya adalah sebagai wadah yang tidak hanya menampung
berbagai kegiatan penelitian dan pengkajian dosen dari berbagai bidang ilmu,
program studi dan fakultas di lingkungan UMS, melainkan juga sebagai ujung
tombak keberadaan dan peran Universitas Muhammadiyah Surakarta terutama
dalam hubungannya dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan
kesenian.
Kegiatan pengabdian masyarakat ditekankan pada peningkatan kualitas
hidup masyarakat, khususnya kaum dhua’fa dalam kerangka pembentukan
keluarga sakinah pada masyarakat Surakarta dan sekitarnya. Aplikasi keilmuan
yang dikembangkan mencakup aplikasi teknologi tepat guna dan sederhana
serta peningkatan kualitas sumber daya masyarakat pedesaan dalam bentuk
penyuluhan dan pelatihan, penanganan pendidikan di luar sekolah khususnya
yang berkaitan dengan dakwah Islamiyah, pengembangan wilayah, dan
sebagainya. Untuk menangani pengabdian kepada masyarakat, di LPPM UMS
terdapat 4 pusat studi, yaitu: (1) Pusat Pelayanan dan Pendidikan Masyarakat,
(2) Pusat Penerapan dan Pengembangan Teknologi, (3) Pusat Kewirausahaan
(Pusat Pengembangan Karier dan Penempatan Kerja), dan (4) Pusat HaKI (Hak
atas Kekayaan Intelektual).
a. Pusat Studi Kependudukan (PSK)
Pusat Studi Kependudukan adalah Pusat Studi yang menekankan kajian
pada persoalan-persoalan yang berkaitan dengan struktur penduduk,
ketenagakerjaan, industri kecil, sektor informal, kehidupan kaum dhua’fa, upaya
pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, kewiraswastaan,
dan perubahan masyarakat. Keanekaragaman persoalan yang
menjadi kajian PSK menjadikan kegiatan penelitian yang dilakukan bersifat
antar, multi, dan lintas bidang dari berbagai disiplin. Dalam hal penelitian PSK
bisa merupakan kerja sama para dosen dari berbagai disiplin ilmu.
b. Pusat Studi Gender
Pusat Studi Gender adalah pusat studi penelitian antar, multi, dan lintas
bidang yang menekankan penelitian pada persoalan kewanitaan yang mencakup
kebutuhan dan potensi wanita; kedudukan dan peningkatan peran, harkat, dan
martabat wanita dalam berbagai sektor kehidupan, baik dalam bidang sosial,
Pendahuluan 13
ekonomi, politik, pendidikan, agama, dan kesenian; ideologi dan pandangan
hidup wanita, serta fenomena lain yang terkait dengan kehidupan wanita.
c. Pusat Studi Lingkungan (PSL)
Pusat Studi Lingkungan (PSL) bertugas menyelenggarakan penelitian
dan pengkajian tentang persoalan-persoalan yang terkait dengan pengelolaan
lingkungan hidup yang di antaranya mencakup pertumbuhan dan tata kota, ISO
(International Standard Organization), pengelolaan terpadu limbah industri,
pemberdayaan masyarakat dalam mengelola lingkungan, reboisasi, pemetaan
area industri, cagar alam dan budaya, pengelolaan keanekaragaman hayati,
pemanfaatan lahan kering, budi daya varietas unggul tanaman langka, dan
sebagainya. Namun demikian, sesuai dengan misi dan visi UMS, penanganan
persoalan tersebut difokuskan pada daerah-daerah Surakarta dan sekitarnya. ”
d. Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial (PSB-PS)
Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial bertugas menyelenggarakan
penelitian dan pengkajian tentang persoalan dan fenomena yang terkait dengan
kebudayaan dan kesenian yang mencakup perkembangan pandangan hidup
masyarakat; paradigma budaya; ideologi dan filosofi keberadaan, kedudukan
dan peran masyarakat; interaksi nilai dan tradisi; penggalian, pelestarian, dan
reaktualisasi tradisi budaya dan kesenian hubungannya dengan modernisasi,
industrialisasi, dan perkembangan iptek. Karena secara geografis UMS berlokasi
di Surakarta (pusat budaya Jawa) dan secara kultural berada di dalam masyarakat
Jawa, maka pengembangan Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial
adalah pemanfaatan potensi yang dimiliki oleh masyarakat Surakarta.
e. Pusat Studi Arsitektur Islam
Pusat studi Arsitektur Islam merupakan unit penunjang akademik yang
mengkonsentrasikan program kerjanya untuk mengembangkan penelitian, kerjasama
dan katifitas kreatif terkait dengan arsitektur Islam tingkat lokal, nasional
dan regional. Pusat Studi ini dalam melaksanakan aktivitasnya di bawah
koordinasi Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UMS.
14 Buku Pedoman Tahun Akademik 2009/2010
f. Pusat Studi Ekonomi Islam
Pusat Studi ini merupakan unit penunjang akademik di bawah koordinasi
Dekan fakultas Ekonomi. Pusat Studi Ekonomi Islam memusatkan kajiannya
pada permasalahan Ekonomi Islam, baik yang bersifat interdisipliner, monodisiliner,
maupun transdisipliner.
g. Pusat Studi Kawasan (PSK)
Pusat Studi Kawasan dalam melaksanakan program-program kerjanya
di bawah koordinasi Wakil Rektor I. Pusat Studi ini mengkonsentrasikan bidang
kajiannya untuk Kajian Barat, Kajian Asia Timur, dan Kajian Timur Tengah, yang
memiliki relevansi dengan jurusan/program studi/fakultas di lingkungan UMS,
baik bersifat interdisipliner, monodisipliner dan transdisipliner.
h. Pusat Studi Health Education & Ligitation Program (PS-HELP)
Pusat Studi HELP merupakan unit kerja yang memusatkan perhatiannya
pada pergkajian ilmu pengetahuan, teknologi, ekologi dan kratologi kesehatan
secara profetik, alternatif, maupun tradisional. PS HELP ditekankan pada
penangnan kasus dan fenomena kesehatan melalui action, promotif, protektif,
dan advokasi. Pusat studi ini melaksanakan program kerjanya di bawah wakil
rektor I.
2. Lembaga Pengembangan Ilmu-ilmu Dasar
a) Lembaga Pengembangan Ilmu-ilmu Dasar (LPID)
Lembaga Pengembangan Ilmu-ilmu Dasar (LPID) adalah lembaga tingkat
universitas di bawah koordinasi Wakil Rektor IV, yang menfokuskan pada
pengembangan keislaman dan kemuhammadiyahan serta ilmu-ilmu dasar yang
terrangkum dalam mata kuliah umum. Oleh karena itu, di samping lembaga ini
menjadi pengembang keislaman dan kemuhammadiyahan juga membawahi
Departemen Mentoring Al-Islam /Kemuhammadiyahan dan Departemen Mata
Kuliah Umum (MKU).
Visi LPID adalah menjadi pusat pengembang kepribadian muslim yang
bermuhammadiyah dan berwawasan kebangsaan dengan mengintegrasikan ilmu
dan amal. Adapun misi LPID adalah:
Pendahuluan 15
a. Menyelenggarakan pendidikan keislaman perspektif Muhammadiyah dalam
rangka terwujudnya kampus UMS yang Islami;
b. Mengembangkan ilmu-ilmu pengembangan kepribadian; dan
c. Melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat tentang keislaman dan
kemuhammadiyahan.
Program LPID diarahkan pada penguatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan,
baik bagi mahasiswa maupun dosen dan karyawan di lingkungan kampus,
yang dilakukan dalam bentuk Baitul Arqam, Mentoring, pengajian, kajian intensif
keislaman, konsultasi keagamaan, penyediaan buku-buku keislaman, pelatihanpelatihan
(Mubaligh/Mubalighah, Khatib Jum’at/’Id, Hisab dan Ru’yah) dan
aktivitas lain yang dapat menopang terciptanya lingkungan yang kondusif untuk
terwujudnya kampus Islami yang diwarnai oleh ilmu amali dan amal ilmi. Di
samping itu, mengarahkan program pengembangan kepribadian yang
berwawasan kebangsaan melalui penyediaan dosen-dosen MKU, kajian-kajian,
dan buku-buku penunjang.
b) LANGUAGE CENTER (LC)
Visi LC:
Sebagai Pusat Unggulan (Center of Excellence) dalam pelatihan dan
pengembangan bahasa Inggris yang berkualitas, inovatif, Islami, dan mampu
memenuhi tuntutan perkembangan zaman
Misi LC
a. Menyelenggarakan pendidikan Bahasa Inggris MKU yang berkualitas,
inovatif, dan relevan dengan tuntutan zaman;
b. Menyelenggarakan pelatihan Bahasa Inggris dan English pedagogy yang
berkualitas, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan profesional; dan
c. Mengembangkan profesionalisme pendidikan dan pendidik Bahasa Inggris
16 Buku Pedoman Tahun Akademik 2009/2010
Tujuan LC
1. Membekali lulusan dengan:
1) English Communicative Competence; Mahasiswa mampu membuat
text secara lisan dan tulis; dan
2) Score TOEFL like minimal 400
2. Membekali peserta pelatihan dengan:
1) English Communicative Competence secara lisan/tulis,
2) English knowledge yang relevan dengan profesinya, dan
3) English pedagogical Skill yang relevan dengan profesinya.
3. Menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan untuk
berinteraksi dengan warga dunia
Tugas & Tanggung Jawab LC
1. Sebagai Penyelenggara dan Mengatur Perkuliahan Bahasa Inggris MKU (4
SKS: Semester I & II) untuk seluruh Universitas
2. Sebagai Penyelenggara dan Pengelola Learning Resource Center untuk
Pelatihan Bahasa Inggris dan English Pedagogy bagi:
1. Dosen,
2. Karyawan,
3. Mahasiswa, dan
4. Umum.
I. Penyelenggara MKU Bahasa Inggris
1. Melaksanakan Perkuliahan MKU Bahasa Inggris 4 SKS
(SKS dalam Kurikulum diserahkan pada masing-masing Jurusan);
2. Membina, mengembangkan dosen/Tutor Pengampu MKU Bahasa
Inggris;
3. Mengembangkan Materi Perkuliahan MKU Bahasa Inggris; dan
4. Penyelenggaraan perkuliahan berkoordinasi dengan masing-masing
Ketua Jurusan (jadual, ujian, dll)
Pendahuluan 17
BAHASA INGGRIS MKU
A. Bahasa Inggris I/ Smt I (English for Academic Purposes)
Subject : EAP (sesuai dengan bidang Studi Masing-masing)
Tujuan : English Literacy (Reading, Speaking, Writing)
Metode : Text-Based Approach (Oral & Written Cycle through
4 Stages:
Building Knowledge of Text
Text Modeling of Text (Optional)
Joint Construction of Text
Independent Construction of Text
Test
Mid : 10 Minute Oral (Presentation)
Final : Written (4 paragraph Essay)
Gagal : Mengulang
Model Perkuliahan Bahasa Inggris I (EAP)
1. Language in Focus
2. Reading Comprehension
3. Oral Task
4. Written Task
UTS : 10 Minutes Oral Presentation
UAS : Written: 4 paragraph Essay
B. Bahasa Inggris II/Semester II (TOEFL Like Practice Test)
Subject: 6 series TOEFL Like Practice Test
Tujuan : Nilai score 400 (Passing Grade)
18 Buku Pedoman Tahun Akademik 2009/2010
Metode : Sesi 1: Practice Test 1 Scoring
Sesi 2: Pembahasan & Discussion, dll
Sesi 3: Practice Test 2 à Scoring
Sesi 2 : Pembahasan & Discussion, dll dan seterusnya sampai sesi 12
(Practice Test 6/ 1smt)
Test : TOEFL Like à passing Grade 400
Gagal : Mengulang
Note : Tidak ada Korelasi antara Bahasa Inggris I&II
English Score Tight Policy:
Mengingat pembelajaran Bahasa Inggris hanya 2 semester, LC akan memperkuat
dalam perannya sebagai:
- Facilitator,
- Monitor,
- Evaluator,
- Provider, dan
- Counselor.
Mahasiswa diharapkan menjadi autonomous learners; lebih banyak belajar &
berlatih secara mandiri/kelompok di luar kelas
3. Quality Assurance Center (QAC), Information Technology (IT), dan
Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI)
Pusat Pengendalian Mutu yang tahun lalu ditangani Departemen
Kerjasama dan Pengendalian Mutu (DKPM), sekarang ditiadakan dan kegiatannya
langsung di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Akademik meskipun
tugas dan kewenangannya tetap diserahkan kepada masing-masing manajer
atau pimpinan unit. Tugas utamanya tidak jauh berbeda seperti ketika masih
dengan wadah DKPM, yaitu mengkoordinasikan kebutuhan dan pelayanan teknologi
informasi dan komunikasi terhadap unit-unit di lingkungan UMS dan secara
umum tujuannya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada stakeholders,
mengintegrasikan unit-unit kerja di lingkungan UMS dan membentuk cybercampus
guna mendukung kegiatan-kegiatan akademik dan manajemen dengan
Pendahuluan 19
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, meningkatkan standard mutu
PBM untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi kebutuhan stakeholder dan
pasar kerja, meningkatkan publikasi, promosi, pemasaran dari produk-produk
UMS, dan meningkatkan kerjasama akademik dan non akademik dengan
lembaga lain.
4. Human Resources Development (HRD)
Unit Kerja ini di bawah koordinasi wakil Rektor I, Wail Rektor II dan Wakil
Rektor IV yang bertugas merumuskan standar kualifikasi rekruitmen dosen
maupun karyawan, merancang mekanisme pengembangan sumber daya
manusia, melakukan analisis jabatan dalam rangka menyusun formasi kebutuhan
SDM, dan melaksankan evaluasi kinerja SDM.
Di samping tugas-tugas tersebut, Unit kerja HRD bertugas melakukan
sosialisasi budaya dan nilai organisasi, mengkoordinasikan pelatihan-pelatihan,
dan merumuskan program pengembangan SDM yang inovatif.
5. Unit Maintenance
Unit Maintenance merupakan unit kerja yang bertanggung jawab terhadap
pemeliharaan asset Universitas, baik bangunan, instalasi, maupun tata lingkungan.
Unit ini bertugas meningkatkan kualitas dan kuantitas kenyamanan
fasili-tas pembelajaran dan perkantoran yang ada di lingkungan UMS.
Unit maintenance dipimpin oleh seorang Manajer dengan membawahkan
Asisten Manajer Bidang Bangunan (building) dan Asisten Manajer Bidang Taman
dan Tata Lingkungan. Unit Maintenance melaksanakan tugasnya di bawah
koordinasi Wakil Rektor II.
6. Perpustakaan
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berdiri sejak
18 September 1958 bersamaan dengan berdirinya IKIP Muhammadiyah
Surakarta sebagai cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Seiring
dengan perubahan status IKIP Muhammadiyah Surakarta menjadi Universitas
Muhammadiyah Surakarta, perpustakaan mengalami perubahan dan perkembangan
yang cukup signifikan. Perpustakaan menempati gedung baru berlantai
empat dengan luas kurang lebih 4.000 meter persegi, dan terus berupaya dengan
20 Buku Pedoman Tahun Akademik 2009/2010
keras untuk menjadi mitra yang handal bagi seluruh civitas akademika dan
masyarakat sekitar.
Jumlah total koleksi buku teks dan buku rujukan yang dimiliki Perpustakaan
UMS sampai dengan tahun 2009 mencapai 121.661 eksemplar. Adapun
jumlah koleksi jurnal cetak 3.508 issue terdiri dari 1183 jurnal berbahasa
Indonesia dan 1137 jurnal berbahasa asing,4.335 majalah, 453 tesis, 5 desertasi,
11.174 makalah penelitian, 776 tugas akhir, 245 CD, 35 DVD, 43 VCD, 70
paket software, dan 307 kliping. Selain jurnal cetak, Perpustakaan UMS telah
melanggan jurnal online ProQuest yang mencakup lebih dari 2000 jurnal ilmiah
internasional.
Jam Buka Perpustakaan
Senin s.d. Kamis : 07.00 – 17.30
Jumat : 07.00 – 11.00
13.00 – 17.30
Sabtu : 07.00 – 12.00
Macam Layanan dan Fasilitas
Layanan Sirkulasi
Layanan sirkulasi terdapat di lantai 1 (untuk peminjaman) dan lantai 2 (untuk
pengembalian). Peminjaman hanya diberikan untuk lokasi buku-buku teks yang
ada di lantai 2. Proses peminjaman dan pengembalian menggunakan software
Koha, yaitu software perpustakaan yang berbasis internet. Adapun rincian
peminjaman koleksi buku teks dari masing-masing jenis keanggotan yang ada
adalah sebagai berikut :
Jenis Anggota Jumlah Pinjaman (Kriteria) Batas Waktu Keterangan
Mahasiswa S1 dan D3 5 Buku (2 Indonesia/3 Asing) 7 hari Dapat diperpanjang 1 kali*
Mahasiswa S2 6 Buku (3 Indonesia/3 Asing) 2 Minggu Dapat diperpanjang 1 kali*
Dosen & Karyawan Tetap 8 Buku (5 Indonesia/3 Asing) 6 Bulan Tidak dapat diperpanjang
Pendahuluan 21
perpanjangan dilakukan sebelum habis waktu pinjam.
Layanan Administrasi
Memberikan beberapa layanan yang meliputi keanggotaan, bebas pinjam
perpustakaan, surat-menyurat, dan penyerahan karya ilmiah.
Layanan Internet
Adalah layanan yang diberikan kepada users untuk mengakses berbagai
informasi dari berbagai sumber di internet. Saat ini tersedia 23 unit komputer
yang terhubung satu sama lain dan dapat digunakan untuk akses internet secara
cepat. Ruang layanan internet ini dapat dimanfaatkan oleh users atau masyarakat
umum yang ingin mengadakan acara pelatihan internet atau acara-acara
lain yang membutuhkan fasilitas internet.
Layanan KKI
Layanan Koleksi Karya Ilmiah (KKI) adalah layanan yang diberikan kepada
users, berkaitan dengan hasil-hasil penelitian (bentuk cetak) yang dilakukan
civitas akademika. Layanan KKI ini digunakan oleh users sebagai bahan rujukan
untuk mengembangkan dan menulis penelitian-penelitian yang baru. Koleksi
layanan KKI ini hanya bisa dibaca di tempat dan tidak dapat difotokopi.
Layanan Multimedia (Audio Visual)
Layanan multimedia (audio visual) adalah layanan yang secara langsung
bersentuhan dengan TI. Koleksi audio visual yang dimiliki adalah dalam bentuk
kaset, CD, VCD dan DVD. Termasuk dalam layanan ini adalah layanan CD
ROM dan TV kabel.
Dosen & Karyawan
Kontrak/reguler
6 Buku (3 Indonesia/3 Asing) 1 Bulan Tidak dapat diperpanjang
Dosen & Karyawan
Studi lanjut
10 Buku (7 Indonesia/3 Asing) 6 Bulan Tidak dapat diperpanjang
22 Buku Pedoman Tahun Akademik 2009/2010
Layanan Referensi
Layanan referensi adalah layanan yang diberikan kepada users, yang
bertujuan untuk membantu mereka dalam penelusuran informasi rujukan.
Layanan Koleksi Periodikal
Layanan koleksi periodikal yang dimiliki perpustakaan UMS ini memberikan
informasi tentang wacana ilmu pengetahuan yang up to date dari sumbersumber
tercetak yang ada, seperti majalah, jurnal, buletin dan surat kabar.
Layanan Koleksi Cadangan
Layanan koleksi cadangan adalah layanan yang menyediakan koleksi
buku-buku teks yang merupakan cadangan dari seluruh judul yang dimiliki
perpustakaan UMS. Tujuan dari layanan ini adalah prinsip ketersediaan
(accessability) buku-buku teks (informasi) bagi users.
Layanan Koleksi Khusus
Layanan koleksi khusus yang dimiliki Perpustakaan UMS adalah Koleksi
(alm) Bapak Djazman Alkindi dan Koleksi Kitab Berbahasa Arab.
Fotokopi
Layanan fotokopi disediakan bagi users yang ingin memfotokopi koleksi
yang ada di perpustakaan dengan ketentuan yang berlaku di perpustakaan.
OPAC (Online Public Access Catalog)
Layanan yang disediakan oleh perpustakaan untuk users dalam menelusur
seluruh koleksi yang ada di Perpustakaan UMS
7. Laboratorium
Laboratorium merupakan unsur penunjang proses pendidikan. Namun
demikian, laboratorium yang dimiliki UMS juga digunakan sebagai pusat riset
keilmuan di luar proses pendidikan. Laboratorium yang dimiliki UMS antara
lain: Laboratorium Motor Bakar, Mekanika Tanah, Pengindraan Jarak Jauh,
Teknik Listrik, Fisika, Elektro, Matematika, Bahan Konstruksi Tanah, Beton,
Pendahuluan 23
Biologi, Pompa dan Mekanika Floida, Geomorfologi, Ukur Tanah, CNC, CATIA,
Hidrologi, Gizi Klinik, Teknologi Pangan, Mikro Biologi, Parasitologi, Gizi Kuliner,
Mikrobiologi Pangan, Kimia Makanan, Kimia Lingkungan, Bio-kimia, Bahasa,
Bimbingan Konseling, Psikologi, Hukum, Komputer, Akuntansi, Manajemen,
Perbankan, dan Micro Teaching. Di samping itu, pada tahun 2007 mulai
dioperasikan Laboratorium Terpadu untuk Fakultas Kedokteran yang berlokasi
di Penumping Surakarta.
8. Penerbitan
Untuk mengkomunikasikan produk keilmuan pada masyarakat, UMS telah
mempunyai Badan Penerbit, yaitu Muhammadiyah University Press (MUP).
Tugas pokok MUP adalah mendokumentasikan, menggandakan, menyebarluaskan,
dan memasarkan produk keilmuan yang dihasilkan oleh civitas
akademika UMS dan atau pakar di luar UMS dalam bentuk buku. Produk
keilmuan yang dimaksud bisa berupa hasil pengembangan teori, riset mandiri,
seperti tesis dan disertasi, riset hasil kerjasama, hasil suntingan kegiatan
keilmuan yang dilakukan UMS, hasil terjemahan, dan buku teks untuk pegangan
kuliah. Buku-buku terbitan MUP dapatlah disebut sebagai ujung tombak dalam
mengangkat citra dan kredibilitas keilmuan UMS dalam masyarakat.
Buku-buku yang diterbitkan MUP dipasarkan melalui beberapa jaringan
toko seperti Toko Buku Gramedia (seluruh Indonesia); Toga Mas, Social
Agency, Gapura, Raja Murah, TB Gunung Agung, TB Aneka Ilmu, TB Sekawan,
TB Budi Laksana, TB Anggrek, dan Counter MUP UMS. Di samping itu, beberapa
pameran telah diikuti MUP di antaranya di World Trade Center Surabaya, JHCC
Jakarta, Book Fair di Tokyo, Book Fair di Kualalumpur, dan beberapa pameran
lainnya.
9. Jurnal Ilmiah
Jurnal ilmiah yang dimiliki UMS adalah media komunikasi keilmuan yang
dikelola Universitas maupun Fakultas. Jurnal ilmiah yang dimaksud adalah jurnal
ilmiah yang berbentuk majalah, baik yang dimiliki oleh dosen maupun
mahasiswa.
24 Buku Pedoman Tahun Akademik 2009/2010
Jurnal berkala ilmiah diterbitkan sebagai wahana dokumentasi dan
publikasi ilmiah produk keilmuan dan/atau hasil-hasil penelitian dan pengabdian
di lingkungan UMS. Sampai dengan tahun 2008 ini, jurnal berkala ilmiah yang
diterbitkan di lingkungan UMS dapat dikatakan banyak, yakni 37 buah. Dari
jumlah tersebut, 11 jurnal di antaranya telah memperoleh status terakreditasi
nasional oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas, Pusat
Dokumentasi Informasi Ilmiah LIPI, dan Kantor Menteri Negara Riset dan
Teknologi. Predikat ini dapat dinyatakan dalam persentase tinggi (29%). Hal
demikian didasarkan hasil akreditasi jurnal ilmiah PT oleh Ditjen Dikti sejak tahun
2003 hingga akhir tahun 2008, dari 3.650 lebih jurnal berkala ilmiah yang tercatat
di PDII LIPI, baru mencapai 371 jurnal ilmiah (10,1 %) yang terakreditasi. Nama
dan jenis berkala yang diterbitkan di lingkungan UMS mengacu pada penonjolan
bidang ilmu bukan nama lembaganya. Pemfokusan bidang ilmu tersebut didasarkan
jurusan/fakultas yang ada di lingkungan UMS.
PENERBIT, NAMA BERKALA, DAN PENGELOLA
JURNAL BERKALA ILMIAH
No. Nama Penerbit Nama Jurnal Bidang Keilmuan Terbit
perdana Predikat
1. FKIP Varidika Pendidikan 1988 Acredited
2. FKIP/Jur PBS Kajian Lingusitik dan
Sastra
Linguistik 1988 Proses
Akreditasi
3. FKIP/Jur. IPS Kajian Ilmu Sosial Ilmu Sosial 1990 Proses
Akreditasi
4. FKIP/Jur. MIPA Mipa MIPA 1990 Proses
Akreditasi
5. F. Geografi Forum Geografi Geografi 1987 Acredited
6. FAI Suhuf Pengembangan
Kajian Keislaman
Agama 1989 Proses
Akreditasi
7. Fak. Ekonomi Empirika Ekonomi 1988 Proses
Akreditasi
8. FE/Jue. ESP Jurnal Ekonomi
Pembangunan
Ekonomi
Pembangunan
2000 Acredited
Pendahuluan 25
No. Nama Penerbit Nama Jurnal Bidang Keilmuan Terbit
perdana Predikat
9. FE/Jur. Akuntansi Jurnal Akuntansi Ekonomi Akuntansi 2002 Acredited
10. FE’Jur. Manajemen Benefit Ekonomi
Manajemen
2000 Proses
Akreditasi
11. Magister Studi Islam
Pascasarjana
Profetika Sosial Keagamaan 1999 Proses
Akreditasi
12. Program MM
Pascasarjana
Daya Saing Ekonomi
Manajemen
2000 Proses
Akreditasi
13. Lembaga Pengabdian
Masyarakat
Warta Pengabdian Ipteks,
Vucer, VMY, KWU,
UJI SIBERMAS
Maret
1998
Proses
Akreditasi
14. Lembaga Penelitian Penelitian Ilmu
Sosial
Ilmu Sosial 2000 Proses
Akreditasi
15. Lembaga Penelitian Sains & Teknologi Rekayasa dan
Teknik
2000 Proses
Akreditasi
16. Lembaga Penelitian Humaniora Penelitian
Humaniora
2000 Proses
Akreditasi
17. Language Center Humanity Humanora 2000 Proses
Akreditasi
18. Fakultas Teknik Gelagar Teknik Sipil 1991 Acredited
19. UMS Akademika Kajian
Kebudayaan
Humaniora 1982 Proses
Akreditasi
20. F. Psikologi Indigenous Psikologi 1990 Proses
Akreditasi
21. F. Farmasi Pharmacon Farmasi 2000 Proses
Akreditasi
22. D-III Kesehatan Infokus Kesehatan 1998 Proses
Akreditasi
23. F. Hukum Jurnal Ilmu Hukum Hukum 1998 Proses
Akreditasi
24. F. Hukum Jurnal Penelitian
Hukum
Penelitian Hukum 2000 Proses
Akreditasi
25. PSL Buletin Lingkungan Ilmu Lingkungan 2000
26 Buku Pedoman Tahun Akademik 2009/2010
Di samping penerbitan jurnal yang dikelola dosen, terdapat penerbitan
yang dikelola mahasiswa di antaranya: PABELAN, Tabloid PABELAN POS
(Lembaga Penerbitan Kampus Mahasiswa), BALANCE (Senat Fakultas
Ekonomi), FIGUR (Senat FKIP), JUSTISSICA (Senat Fakultas Hukum),
KONTUR (Senat Fakultas Teknik), GLOBE (Senat Fakultas Geografi), PSICHE
(Senat Fakultas Psikologi), ISLAMIKA (Senat FAI), Tabloid USHULUDDIN
(Mahasiswa Jurusan Ushuluddin), INFO UMS (Humas UMS), dan SHABRAN
(Pondok Nuriyyah Shabran).
No. Nama Penerbit Nama Jurnal Bidang Keilmuan Terbit
perdana Predikat
26. Pondok Shobron Shobron 1998
27. FT/Jur Mesin Media Mesin Teknik Mesin 2000 Proses
Akreditasi
28. FT/Jur. Teknik Sipil Dinamika Teknik
Sipil
Teknik Sipil 2001 Accredited
29. FT/Jur. Arsitek Sinektika Arsitektur 2001 Proses
Akreditasi
30. Perpustakaan Pusat Suara Pustaka Resensi Buku 1994
31. FT/Jur. Teknik Kimia Teknologi Proses
Kimia
Teknik Kimia 2003 Proses
Akreditasi
32. FT/Jur. T. Industri Jurnal Teknik Industri Teknik Industri 2002 Proses
Akreditasi
33. FT/Jur. T. Elektro Emitor Elektro 2002
34. FAI Israqi Islam 2002 Proses
Akreditasi
35. LSI Tajdida Agama 2003 Proses
Akreditasi
36. Magister Hukum
Pasca Sarjana
Jurisprudensi Ilmu Hukum Juni
2002
37. Magister Teknik
Pasca Sarjana
Eka Rekayasa Teknik 2004
38. Magister Pendidikan Manaj. Pendidikan Pendidikan 2005

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar