Bismillahirahmanirahim

Semoga Ilmu yang dibagi dan pengetahuan yang diajarkan dapat menambah dan mempertebal keimanan dan Ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Sabtu, 02 April 2011

Latihan Soal : PSikologi Sosial 1.2


Ujian Mid Semester

Fakultas : Psikologi
Mata kuliah : Psikologi Sosial 1
Waktu : 75 menit
Dosen Penguji : Drs. Soleh Amini Yahman. M.Si


Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas. Tulisan hendaknya yang rapi, jelas dan dapat dibaca.

1. Hampir semua definisi psikologi sosial sebagaimana dikemukakan oleh para ahli (Baron & Birnie, 1994, Brehm & Kassin, 1993, Wiggins & Zanden, 1994, Brigham, 1991) , menyebut istilah “social situations” dalam penjelasannya. Jelaskan apa yang dimaksud dengan social situation dalam kaitannya dengan perilaku sosial manusia. Berikan contohnya.

2. ceritakan secara singkat sejarah perkembangan psikologi social, dimulai sejak pemunculan istilah ‘psikologi sosial’ dari William mc Dougals.

3. Sebutkan dan jelaskan tiga model pendekatan di dalam menjelaskan penyebab terjadinya perilaku sosial. Berikan masing-masing contohnya.

4. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi seseorang terhadap orang lain.

5. A. Secara garis besar penelitian dalam psikologi sosial dapat dilakukan dengan dua metode pokok. Sebutkan dan jelaskan kedua metode tersebut.
B. Sedangkan pengumpulan data penelitian dapat ditempuh dengan berbagai cara dan pendekatan. Sebutkan dan jelaskan model-model dan pendekatan pengumpulan data dalam penelitian psikologi sosial.


Catatan ;
Masing-masing soal bobot nilainya adalah 20 poin jika anda menjawab dengan benar. Bobot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar