Bismillahirahmanirahim

Semoga Ilmu yang dibagi dan pengetahuan yang diajarkan dapat menambah dan mempertebal keimanan dan Ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Sabtu, 02 April 2011

Latihan Soal : PSikologi Sosial 1


UNIVRSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
UJIAN MID SEMESTER
Mata uji: PSIKOLOGI SOSIAL 1.
Penguji : Drs.Soleh Amini . MSi
waktu : 75 menit

Petunjuk mengerjakan.
1. Awalilah pengerjaan soal ini dengan berdoa, dan akhirilah dengan bacaan Hamdallah.
2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut di bawah ini dengan jelas. Tulisan tangan yang rapi dan mudah dibaca. Kerjakan sendiri-sendiri.

Soal.
1.Hampir semua ahli psikologi sosial modern menyebut istilah “ Situasi Sosial” dalam mendefinisikan pengertian psikologi sosial. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “situasi sosial” tersebut.

2.A. Sejarah Perkembangan Psikologi Sosial : William Mc Dougall adalah orang pertama yang ditahbiskan sebagai pelopor kelahiran psikologi sosial. jelaskan apa pendapat Mc. Dougall tentang penyebab terjadinya perilaku sosial.
b. Floyd Allport adalah pengkritik terkuat dari teori Mc, Dougall. Bagaimana kritik dari Allport dan bagaimana pendapat allport tentang penyebab perilaku sosial.

3.Ada tiga model pendekatan dalam psikologi sosial ketika menjelaskan penyebab terjadinya perilaku sosial. Coba sebutkan dan jelaskan ketiga model pendekatan tersebut.


4.Metode korelatif dan metode eksperimental adalah dua metode yang sangat populer dalam penelitian-penelitian psikologi sosial. Bilamanakah kedua metode tersebut dipilih untuk sebuah penelitian, berikan masing masing contohnya.

5.Syarat daripada terbentuknya interaksi social adalah adanya kontak social dan komunikasi social.

a.Dalam komunikasi social sering berkembang bentuk-bentuk komunikasi fatis atau fathic communication. Jelaskan dan berikan contohnya.
b. Social relationship merupakan salah satu produk dari interaksi social. Jelaskan interaksi social yang bagaimanakah yang bias menghasilkan relasi social yang relaif permanen.
c.Apa pengertian dari relasi social (social relationship) itu apa perbedaannya dengan interksi social

Tidak ada komentar:

Posting Komentar